Senin, 04 Desember 2017

Rempeyek aneka rasa

PEYEK ANEKA RASA 


Ketika mendengar kata ‘peyek’ mungkin telinga kita sudah tidak asing lagi dengan lagu dangdut ‘iwak peyek’. Hehe... iya kaaann...

Tapiii.. kali ini saya bukan mau membahas tentang  lagu dangdut yang sudah terlanjur booming itu ya, melainkan ‘iwak peyek’ nya.. hehe.. Bagi yang belum tahu apa itupeyek, nih saya kasih tau definisi, dan cara pembuatannya. Peyek adalah makanan ringan (bisa jadi pengganti krupuk) yang mempunyai rasa gurih dan renyah. Peyek juga sudah sangat familiar dengan lidah orang indonesia. Biasa dibuat teman makan atau bahkan tak jarang peyek juga bisa untuk camilan sehari-hari loh..

Dalam produk kami ini, peyek di buat dengan variasi rasa yang berbeda-beda tergantung selera pembeli. Ada peyek udang, peyek bayam, peyek kacang tanah, peyek kacang kedelai dan peyek rasa original.  Yang paling penting proses pembuatan peyek kami ini sangatlah higienis dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas dan resep turun temurun dari keluarga. Cara penggorengan yang masih tradisional (menggunakan kayu bakar) semakin membuat rasa peyek semakin gurih dan renyah. Nih saya kasih tahu bahan-bahan dan cara pembuatan peyek aneka rasa ini:

Bahan-bahan
Tepung beras         :  1 kg
Air                              : secukupnya
Minyak goreng       : ½ kg
Udang rebon          : ¼ kg
Daun bayam (ambil daun yang lebar) : 10 lembar
Kacang tanah        : ¼ kg
Kacang kedelai     : ¼ kg

Bumbu-bumbu
Bawang putih         : 10 siung
Garam                       : secukupnya
Biji ketumbar          : 1 sdm
Daun jeruk purut   : 5 lembar
Kunyit                       : secukupnya
Kemiri                       : _+ segenggam
Penyedap rasa      : secukupnya

Cara membuat
  1.  Campurkan semua bumbu kemudian tumbuk hingga halus
  2. Campurkan tepung beras, air dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi kemudian aduk hingga tercampur rata. Pastikan agar bumbu tidak menggumpal di dalam adonan tepung.
  3. Bagilah adonan menjadi beberapa bagian dalam wadah yang berbeda.
  4. Campurkan tiap adonan yang terpisah tadi dengan aneka rasa seperti, udang, bayam, kacang tanah, kacang kedelai. Untuk peyek rasa original tidak perlu menambahkan apapun di dalam adonan yang sudah jadi.
  5. Panaskan minyak dalam wajan yang besar (agar mudah membentukpeyek) sehingga bentuk peyek menjadi lebar. Pastikan minyak sudah panas agar adonan tidak menggumpal dan mengakibatkan peyek menjadi tebal / tidak renyah.
  6. Gorenglah sampai kuning keemasan, angkat kemudian tiriskan. Peyeksiap dihidangkan.




Nah, itu tadi cara pembuatan peyek aneka rasa. Mudah bukan untuk membuatnya.. Kalian juga bisa lo coba buat dirumah, atau kalo mau memesan produk kami juga bisa. Karena produk kami ini merupakan produk rumahan, jadi harganya juga sangat terjangkau. Tersedia kemasan original dan aneka rasa dalam satu kemasan. Buat kalian yang belum pernah mencoba rasa peyek dengan berbagai macam rasa, bisa sekalian coba deh karena dalam satu kemasan saja bisa merasakan berbagai macam rasa. kami juga melayani pemesanan dengan skala grosir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar